Minggu, 07 Februari 2010

mengoperasikan komputer berbasis teks

Pengoperasian komputer berbasis teks dalam lingkungan windows, dikenal dengan sebutan DOS(Disk Operating System), pada lingkungan linux pengoperasian komputer berbasis teks dapat dilakukan dengan menekan tombol alt+f7 maka secara langsung tampilan grafik akan hilang.
Dalam lingkungan windows DOS(Disk Operating System) adalah sistem operasi pertama yang di jalankan pada komputer IBM Pc kompatibel. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh IBM kemudian dilanjutkan oleh Microsoft. Saat ini meskipun Microsoft telah mengeluarkan windows, tetapi aplikasi DOS tetap disertakan.
Pada windows xp aplikasi DOS dapat dibuka dengan mengklik tombol : start-all programs-accesories-command prompt atau start-run-ketik cmd lalu ok
Beberapa fungsi dari aplikasi berbasis teks DOS pada windows dan console pada linux adalah:
1. Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer.
2. Mengatur memori.
3. Mengatur proses input dan output data.
4. Management file.
5. Management directory.
DOS yang kita bahas di sini adalah MS DOS versi 6.22. Beberapa utilitas MS DOS versi 6.22 adalah :
-Memiliki fasilitas double space untuk mengkompresi disk dan fasilitas drivespace yang ada pada fasilitas double space. Digunakan untuk menyimpan informasi untuk file yang dikompres dalam format yang berbeda.
-Fasilitas sandisk utility yang digunakan untuk mendiagnosa dan memperbaiki disk yang rusak baik yang dikompresi atau tidak. Memperbaiki crosslinks dan cluster yang hilang serta memperbaiki kerusakan phisik disk.
-Fasilitas smatrdrive digunakan untuk mengamankan data, dengan cara tidak menunjukkan prompt dahulu sebelum data direkam.
-Fasilitas diskcopy, berfungsi untuk mengkopi satu disket ke disket lainnya.
-Microsoft Defragmeter menata letak file dan directory agar lebih cepat dalam pencarian file.

I. Pengolahan file dan directory
Dalam pengoperasian DOS terdapat perintah - perintah yang dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu :
1. Internal command, Perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus, karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com
contoh perintah internal : cd, md, rd, cls, copy, del, date, time, dir, ver.
2. External command.
contoh perintah external : deltree.
untuk mempermudah mempelajari fasilitas DOS maka tiap perintah sudah terdapat file help. Untuk menjalankannya, bisa digunakan perintah seperti contoh berikut :
A:\>copy/? atau A:\>help copy

0 komentar:

Posting Komentar