Kamis, 04 Maret 2010

Hirarki/struktur directory linux

Hal yang membingungkan bagi pemula di linux salah satunya adalah struktur directorynya. Struktur directory linux berbeda dengan struktur directory pada windows. Berikut ini beberapa struktur directory pada linux

/

Forward slash atau biasa kita sebut garis miring, adalah root directory. Directory ini merupakan struktur tertinggi dari sistem. Semua yang ada dibawahnya berakar ke directory ini. Sebagai contoh ketika anda melihat penulisan “/home”, maka ini berarti “mulai dari / kemudian masuk ke directory home”.

/root

Directory ini adalah directory untuk user yang memiliki hak akses tertinggi di sistem Linux, yaitu root. Di Windows user tertinggi adalah administrator. User root bisa melakukan apapun di sistem, termasuk menghapus file atau directory milik user manapun. Berhati-hatilah jika anda login menggunakan user root. Tidak disarankan untuk menggunakan user ini dalam aktivitas sehari-hari.

/bin

Disini akan anda temukan utility standard Linux (program standard) seperti “ls”, “vi”, “more” dan sebagainya. Biasanya directory ini sudah dimasukan kedalam PATH system sehingga bisa dieksekusi dari directory manapun.

/etc

Directory ini berisi file konfigurasi sistem. Sebagai contoh, jika anda menginstall apache dan anda ingin melakukan perubahan konfigurasi pada file httpd.conf, file ini akan anda temukan di directory ini.

/dev

Ini merupakan device directory. Di sistem Linux semuanya dianggap sebagai file. Sebagai contoh, jika anda memiliki sebuah webcam dan sistem Linux anda telah mengenalinya, maka biasanya webcam anda akan ‘ditempel’ di /dev/video0 (jika hanya ada satu video device). Linux mengijinkan anda berkomunikasi secara langsung dengan peripheral anda melalui file device.

/home

Disinilah tempat data anda disimpan oleh sistem. Disini pula sistem akan menyimpan konfigurasi spesifik untuk setiap user (seperti setting desktop, wallpaper, dsb.). Jika anda membuat user “saya”, maka data dan konfigurasi sistem anda akan disimpan pada directory “/home/saya”. Setiap user akan memiliki satu directory sendiri di dalam “/home” kecuali user “root” dan user system (user yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan proses tertentu).

/tmp

Didalam directory ini terdapat file atau directory lain yang bersifat sementara, misalnya ketika anda menjalankan sebuah program, program akan membuat file-file yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut yang kemudian dihapus setelah program ditutup. Kebanyakan sistem Linux akan secara otomatis mengosongkan isi directory ini secara berkala. Sehingga, hindari untuk menyimpan file penting di directory ini.

/usr

Disini akan anda temukan utility (program-program) tambahan pada sistem Linux anda. Di dalam “/usr” juga akan anda temukan struktur yang mirip dengan di “/” (root) seperti “/usr/bin”, “/usr/share”, dsb. “/usr” biasanya digunakan untuk meletakan program atau resource lain seperti library, icon, dsb. yang dibagi dengan user lain.

/lib

Directory ini adalah tempat dimana biasanya sistem meletakkan file library, codec, dsb. yang diperlukan oleh suatu program atau compiler. Mirip dengan penempatan file Dynamic Link Library (DLL) pada directory “System32″ di Windows.

/opt

Directory ini merupakan opsional. Biasanya sangat berguna jika kita ingin meletakan program yang tidak memerlukan dependency dengan sistem kita. Misalnya jika anda mendownload eclipse, anda dapat meletakkan seluruh filenya pada directory ini karena eclipse tidak membutuhkan library lain untuk menjalankan programnya.

0 komentar:

Posting Komentar