Jumat, 09 April 2010

Serangan terhadap komputer

9.2.1 Perlindungan dari virus, worm, dan Trojan


Virus komputer yang sengaja dibuat dan dikirim oleh penyerang. virus berbentuk potongan-potongan kecil berupa kode, perangkat lunak, atau dokumen. Virus ini mengeksekusi ketika dijalankan pada komputer. Jika virus menyebar ke komputer lain, komputer bisa terus menyebarkan virus.

Virus adalah program yang ditulis dengan niat jahat dan dikirim oleh penyerang. Virus ini dipindahkan ke komputer lain melalui e-mail, transfer file, dan pesan instan. Menyembunyikan virus dengan memasukkan ke file di komputer. Ketika file tersebut diakses, virus mengeksekusi dan menginfeksi komputer. virus memiliki potensi untuk rusak
atau bahkan menghapus file di komputer Anda, menggunakan e-mail Anda untuk menyebarkan dirinya ke komputer lain, atau bahkan menghapus seluruh hard drive.

Beberapa virus bisa sangat berbahaya. Jenis virus yang paling merusak digunakan untuk merekam keystrokes. Virus ini dapat digunakan oleh penyerang untuk mencari informasi sensitif, seperti password dan nomor kartu kredit. Virus bahkan dapat mengubah atau merusak informasi pada komputer. virus dapat menginfeksi komputer dan berbaring tertidur sampai digunakan oleh penyerang.
Contoh virus : brontok
Contoh aplikasi : Avira, Smadav

cacing adalah program replikasinya yang berbahaya bagi jaringan. cacing A menggunakan jaringan untuk menduplikasi kode kepada penghuni di jaringan, sering tanpa campur tangan dengan pengguna. Hal ini berbeda dari virus karena cacing tidak perlu melampirkan program untuk menginfeksi host. Bahkan jika worm tidak merusak data atau aplikasi pada host itu menginfeksi, ini berbahaya untuk jaringan karena mengkonsumsi bandwidth.
Contoh worm : Sobig, Nimda, Code Red, Sircam.
contoh aplikasi : Sobig, Nimda, Code Red, Sircam.

Sebuah Trojan secara teknis cacing. Trojan tidak perlu harus terpasang ke perangkat lunak lain. Sebaliknya, ancaman Trojan tersembunyi dalam perangkat lunak yang muncul untuk melakukan satu hal, tetapi di belakang layar itu tidak lain. Trojan sering menyamar sebagai perangkat lunak berguna. Program Trojan dapat mereproduksi seperti virus dan menyebar ke komputer lain. kerusakan data Komputer dan kerugian produksi dapat terjadi signifikan. Seorang teknisi mungkin diperlukan untuk melakukan perbaikan, dan karyawan mungkin kehilangan atau harus mengganti data. Sebuah komputer yang terinfeksi dapat mengirim data penting untuk pesaing, sementara pada saat yang sama menginfeksi komputer lain pada jaringan.
Contoh Trojan : kaHt, Back Orifice dan Netbus.
contoh aplikasi : PCMAV-CLN. Dan SMADAV

Perlindungan virus perangkat lunak, yang dikenal sebagai perangkat lunak anti-virus, adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mendeteksi, menonaktifkan, dan menghilangkan virus, worm, dan Trojan sebelum mereka menginfeksi komputer. Anti-virus software cepat menjadi usang, tetapi, dan merupakan tanggung jawab teknisi untuk menerapkan pembaruan terbaru, patch, dan definisi virus sebagai bagian dari jadwal perawatan berkala. Banyak organisasi menetapkan kebijakan keamanan tertulis yang menyatakan bahwa karyawan tidak diijinkan untuk menginstal software yang tidak disediakan oleh perusahaan. Organisasi juga membuat karyawan sadar akan bahaya membuka lampiran e-mail yang mungkin berisi virus atau cacing.

0 komentar:

Posting Komentar