Minggu, 25 April 2010

Wireless Network

Wireless network adalah jaringan yang tidak membutuhkan kabel - kabel untuk menghubungkan komputer yang tergabung dalam satu jaringan. Jaringan ini merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang mneggunakan kabel misalnya komunikasi yang berlangsung di atas mobil, kereta pai dan kapal laut saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepaat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Jaringan komputer dibagi menjadi tiga jenis bila ditinaju dari cara pemrosesan data dan pengaksesannya yaitu :

1) Host Terminal, yaitu jaringan komputer terdiri dari sebuah atau lebih server yang dihubungkan dalam satu dumb terminal. Karena dumb terminal hanyalah sebuah monitor yang dihubungkan dengan menggunakan kabel RS-232, maka pemrosesan data dilakukan di dalam server. Oleh karena itu, server haruslah sebuah sistem komputer yang memiliki kemampuan pemrosesan data tinggi dan penyimpanan data yang sangat besar.

2) Client Server, jaringan ini terdiri dari sebuah server atau lebih yang dihubungkan dengan beberapa client. Server bertugas menyediakan layanan, pengelola aplikasi, data dan keamanannya. Bermacam - macam jenis layanan yang diberikan oleh server, misalnya adalah pengaksesan berkas peripheral, dattabase, dan lain sebagainya. Sedangkan client berfungsi menerima data/informasi dari server, menampilkan antar muka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer).

3) Peer to peer, peer artinya rekan sekerja. Peer to peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel dengan prinsip bahwa setiap komputer dapat berfungsi sebagai server (penyedia layanan) dan client, keduanya dapat difungsikan dalam waktu yang bersamaan.

0 komentar:

Posting Komentar