Minggu, 18 Juli 2010

Pengenalan Jaringan Komputer

Setiap orang yang menyukai segala hal tentang komputer pasti pernah mendengar tentang jaringan komputer. Tapi apakah setiap orang tau apa definisi dari jaringan komputer..?? Kali ini saya akan coba jelaskan apa itu jaringan komputer

Jaringan komputer atau jaringan adalah suatu sistem yang dapat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya, baik itu dari jaringan kabel ataupun dari wireless. Jaringan komputer memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna untuk para pengguna, diantaranya :

1. Resource Sharing, jaringan komputer memungkinkan penggunaan sumber daya yang ada secara bersama - sama seperti printer, harddiskdan peripheral lainnya.

2. Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber - sumber alternatif persediaan.

3. Menghemat uang. Jaringan komputer dapat menghemat penggunaan peripheral komputer. misalnya penggunaan printer. Melalui jaringan komputer, sebuah printer dapat digunakan untuk beberapa komputer sekaligus.

4. Sistem jaringan komputer yang digunakan dalam sistem administrasi suatu lembaga akan memberikan perlindungan terhadap data.
5. Sistem backup yang mudah karena manajemen yang tersentralisasi.
6. Data yang selalu up-to-date karena server senantiasa mengup-to-date kan data begitu ada input (data entry)

Berdasarkan skala cakupan, jaringan komputer tebagi atas :

1. Personal Area Network (PAN)
PAN hanya dapat menghubungkan dalam jarak yang sangat kecil dan berdekatan. MIsalnya antara dua komputer yang jaraknya hanya beberapa meter saja.

2. Local Area Network (LAN)
Jaringan LAN biasanya digunakan dalam satu sekolah atau satu gedung saja.

3. Metropolitan Area Network (MAN) Prinsip MAN hampir sama dengan LAN, tapi jangkauan MAN lebih besar yaitu berkisar antara 10-50 KM

4. Wide Area Network (WAN)
cakupan WAN meliputi antar kota, negara, dan benua. Jaringan WAN sama dengan internet.

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server).

1 komentar:

  • T. Khairil Ahsyar says:
    19 Juli 2010 pukul 10.09

    Tugasnya sudah saya periksa,
    mohon di tambah lagi bahannya
    serta di baca dan dipelajari.
    Terimakasih !

Posting Komentar