Sabtu, 26 Juni 2010

Newsgroup......

Newsgroup memiliki banyak persamaan dengan e-mail, namun berbeda dengan e-mail. Artikel di newsgroup tidak sama dengan e-mail, kalau e-mail adalah komunikasi pribadi. Kita menentukan siapa yang menerima pesan kita. Protokol yang digunakan pada e-mail adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) atau protokol standar untuk e-mail. Pesan yang kita kirim akan masuk ke mailbox penerima-penerima yang telah kita tentukan.

Artikel pada newsgroup adalah pesan yang disediakan untuk umum. Kita tidak bisa mengontrol siapa yang akan menerima pesan kita kecuali sebatas memilih newsgroup-nya. Protokol yang digunakan pada newsgroup adalah NNTP (news to news transfer protocol). Arikel yang kita kirim akan ditampilkan pada setiap news server yang menyediakan akses ke newsgroup yang dituju. Untuk membaca artikel pada newsgroup, kita harus menggunakan program news reader.

Ada 2 tipe newsgroup, yaitu newsgroup yang memiliki moderator (moderated newsgroup) dan newsgroup yang tidak memiliki moderator. Pada newsgroup yang memiliki moderator, seluruh artikel terlebih dahulu di forward ke moderator melalui e-mail untuk diperiksa moderator lalu akan mengeposkan pada news server mereka, dan dari situlah artikel tersebut menyebar ke seluruh dunia.

0 komentar:

Posting Komentar