Selasa, 15 Juni 2010

Beberapa Macam Linux

1. Gentoo Linux

Gentoo linux adalah suatu distribusi linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah di tata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna. Paket-paketnya biasanya dibuat dari kode sumber (source) walaupun untuk kenyamanan, sebagian besar paket perangkat lunak juga tersedia dalam bentuk binari.

2. Knoppix Linux

Knoppix adalah distro linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di harddisk. Distro ini berbasis Debain Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Knoppix memiliki ragam aplikasi yang cukup lengkap dan dapat dipergunakan sebagai demo atau sarana belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada harddisknya. Knoppix juga dapat dipergunakan sebagai "cd rescue"

Kelemahan dari knoppix adalah diperlukan memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada harddisk.

3. Puppy Linux

Puppy linux adalah salah satu distro linux Live-cd yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari Mozilla SeaMonkey untuk menjelajah internet dan mengirim e-mail, AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar(vector), mtPaint untuk melukis(bitmap)/mengedit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun.

4. Turbolinux

Turbolinux adalah linux yang terkenal dan populer di Asia. Bahkan di Jepang dan China pun linux ini terkenal, Turbolinux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan. Turbolinux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX, baik komersial maupun freeware untuk kepentingan jaringan skala besar. Pihak vendor mengklaim pihak mereka sebagai Linux tercepat saat ini dengan backup dari perusahaan-perusahaan terkemuka saat ini, seperti Compaq, Dell, Fujitsu, Intel, NEC, Tishiba, Novel, dan SCO. Seperti dengan Suse, Turbolinux mengkhususkan diri di bidang clustering computer, setara dengan super komputer di Jerman untuk kepentingan jaringan di Cina dan Jepang. Bahkan di Cina, Turbolinux diadaptasi sebagai sistem komputer utama mereka, dan dimasyarakatkan dalam bahasa Cina kepada masyarakatnya guna menyaingi dominasi dari Microsoft.

5. Mepis Linux

Mepis Linux merupakan desktop berbasis distribusi Debian Linux yang dirancang untuk pribadi dan tujuan bisnis. Termasuk fitur-fitur canggih seperti hidup, dan pemulihan cd instalasi, konfigurasi hardware otomatis, mengubah ukuran partisi NTFS, ACPI Power Management, WiFi support, anti-alias TrueType fonts, a personal firewall, KDE, dan banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar