Sabtu, 12 Juni 2010

Modem

Modem adalah singkatan dari modulasi-demodulasi. Modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
.....
Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan "bits per second"(bps). Saat ini, umumnya kecepatan transfer data modem yang terdapat di pasaran adalah 56 Kbps, khususnya modem yang digunakan untuk mengakses internet secara dial-up. Ini berarti modem tersebut dapat mentransfer sebesar 56 kilobyte per detiknya. Selain modem untuk akses dial-up, terdapat jiga modem yang digunakan untuk mengakses internet menggunakan teknologi ADSL. Modem jenis ini dapat mencapai kecepatan sampai 384 Kbps.
.....
Ada dua jenis modem yang terdapat di pasaran yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang langsung pada motherboard. Sedangkan modem eksternal adalah modem yang ditambah sendiri oleh penggunanya yang dihubungkan menggunakan kabel USB.
.....
Keuntungan meggunakan modem internal adalah harganya yang lebih murah. Sedangkan kelemahannya adalah pemasangannya yang lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain(harus membuka casing). Keuntungan menggunakan modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih mudah dan penggunaannya dapat dengan mudah dipindah-pindah. Namun modem eksternal memiliki harga yang lebih mahal.
.....
Modem dapat bekerja dengan baik apabila komputer sudah dapat mengenali perangkat yang dipasang tersebut. Agar dapat dikenali, sebuah modem harus diinstall terlebih dahulu. Proses penginstalan dilakukan menggunakan driver. Driver tersebut berupa file-file yang akan membuat sistem operasi komputer dapat mengenali modem yang dipasang. Biasanya driver berupa cd yang disertakan saat modem di beli.

0 komentar:

Posting Komentar