Selasa, 24 Agustus 2010

Fenomena Alam : Pulau Es Tinggalkan Kutub

Pulau es tinggalkan kutub. Fenomena alam yang dahsyat ini terjadi di daerah Northern Greenland, kutub utara. Satelit badan antariksa Amerika serikat, NASA, memotret fenomena alam menarik tersebut. Sebuah pulau es raksasa , berukuran 260 kilometer persegi atau lebih dari seperlima luas kota Pekanbaru (tempat tinggal saya). Pulau es ini melepaskan diri dari gletser Petermann yang berada dekat Kutub Utara tersebut.

Pulau es itu di khawatirkan mengancam pelayaran jika memasuki perairan ramai lalu lintas kapal di Kanada. Ingat kejadian pada tahun 1912, ketika kapal paling midern saat itu, Titanic rusak parah akibat menabrak bongkahan es. Kapal pesiar mewah itu akhirnya tenggelam dengan korban jiwa ribuan orang.

Hal serupa bisa terjadi lagi, mengingat daya dorong pulau es begitu kuat, diperkirakan bisa menghancurkan anjungan minyak lepas pantai dan merusak kapal-kapal di depannya. Banyak dugaan mengapa es abadi di Kutub Utara retak. Sebagian ilmuwan berpendapat ini merupakan dampak dari pemanasan global. Namun ada ilmuwan lain berpendapat, bongkahan es raksasa tersebut melepaskan diri akibat aliran air laut di bawah gletser.

Pemanasan global atau peningkatan suhu secara ekstrem akibat rusaknya lingkungan, terutama pembabatan hutan alam secara tidak terkendali, belakangan kerap dituding sebagai pemicu bencana alam. Rusia, misalnya, dalam sepekan terakhir disibukkan terjangan gelombang panas, terutama di ibukota negara tersebut, Moskow. Suhu meningkat drastis, mencapai 38 dearajat celcius, yang tercatat paling panas dalam kurun waktu 1000 tahun. Gelombang panas menyebabkan kebakaran hutan luas, yang mengirim kabut asap tebal menyelimuti Moskow. Rabu lalu korban tewas tercatat 51 orang dan taksiran kerugian mencapai 15 miliar dolar AS.

Fakta mengenai Pulau es :

  • Ukuran 260 kilometer persegi
  • Andai pulau es ini mencair, debit airnya bisa memasok kebutuhan air seluruh warga Amerika Serikat selama 4 bulan
  • Asal pulau es dari pecahan gletser Peterman, Greenland, Kutub Utara
  • Terlihat pertama kali Kamis, 5 Agustus 2010
  • Penyebab retaknya gletser Peterman diduga akibat pemanasan global. Tapi ada juga ilmuwan berpendapat lepasnya pulau es akibat aliran air laut di bawah gletser.
  • Pulau es ini terbesar dalam 28 tahun ini. Pada tahun 1962 pernah ada Ward Hunt Ice Shelf, Greenland, membentuk sebuah pulau.

Potensi Ancaman
  • Pulau es membahayakan jalur pelayaran di sekitar Kanada
  • Daya rusak pulau es ada pada dorongannya, bisa menyapu anjungan minyak lepas pantai serta kapal-kapal
  • Dampak benturan pulau es bisa menyebabkan kerusakan parah, melebihi dahsyatnya benturan bongkahan es yang merusak kapal Titanic pada tahun 1912
  • Jika es Greenland terus mencair, bisa menaikkan permukaan air dunia setinggi 6 meter. Ini bakal mengancam dunia, karena akan menenggelamkan banyak daratan.

0 komentar:

Posting Komentar