Kamis, 11 November 2010

Blekko, Saingan Baru Untuk Google

Tampil Lebih Manusiawi
Keperkasaan google sebagai mesin pencari memang belum tertandingi, terutama oleh pesaing terdekatnya, Yahoo dan bing. Kehadiran mesin pencari blekko belum bisa dipastikan mampu menggeser dominasi google yang telah lebih dulu populer. Pihak blekko sendiri menyatakan tidak takut bersaing dengan google karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan google, yaitu aspek kemanusiaan.
Apa maksudnya ? Chief Executive Blekko, Kaya Skrenta mengatakan saat ini web sudah semakin jenuh dengan situs-situs seperti spam, khususnya yang dirancang untuk muncul pop up pada hasil pencarian di mesin pencari lain. Sementara isinya lebih banyak berupa kampanye pemasaran dibandingkan informasi substantif yang dibutuhkan.

Blekko diklaim memiliki kemampuan mempersempit pencarian kelompok situs di mana orang, bukan komputer, sudah percaya kepadanya sebagai sumber informasi terbaik untuk topik-topik tertentu. Greg Sterling, seorang konsultan internet dan editor untuk blog Search Engine Land Online mengakui, blekko telah hadir dengan mengembangkan pendekatan kreatif untuk pencarian yang mungkin menjadi populer sebagai mesin pencari sekunder untuk jenis query.

Meski kreatif namun ia memperkirakan kehadirannya tidak akan lama. Ia memberikan contoh Cuil, mesin pencari high-profile yang diluncurkan oleh mantan karyawan google pada 2008, diam-diam ditutup pada bulan September 2010 lalu. Ada lagi Powerset, sebuah mesin pencari yang kemudian diakuisisi Microsoft pada 2008.

5 komentar:

  • Unknown says:
    12 November 2010 pukul 15.04

    artikel yang bagus..
    ditunggu kunjungan baliknya ya >:)

  • komunitas online sragen says:
    12 November 2010 pukul 21.20

    kayaknya google lebih bagus...

  • jaka supriyanto says:
    12 November 2010 pukul 21.21

    wah biarlah pada bersaing..yang penting happy blogging

  • Kaspa Yobel says:
    13 November 2010 pukul 12.37

    walaupun google ada saingan tapi google selalu di hati,,,
    :D

  • Ammar says:
    13 November 2010 pukul 13.07

    mnurut saya jga gitu sih, google msih lbih bguz....
    tapi kta lhat aja lh k dpannya nnti bgaimana
    nnti biar rkan blogger yg nilai ndiri...
    thx udh comment :)

Posting Komentar